Pohon Mahoni - Manfaat dan Cara Pembibitan

Bagian penting dari mahoni yang memiliki nilai tinggi ialah batang kayu yang bisa dijadikan bahan mebel dengan nilai lumayan tinggi karena dekorarif dan mudah dikerjakan. Ditanam secara luas di daerah tropis untuk program reboisasi dan penghijauan bermanfaat sebagai tanaman naungan dan kayu bakar.

Manfaat lainnya dari pohon kayu mahoni ialah pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga layak disebut pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air, daun - daunnya memiliki fungsi sebagai penyerap polutan-polutan di sekitarnya
manfaat pohon mahoni untuk mebel

Sebaliknya dedaunan itu sanggup melepaskan oksigen (o2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akar akan pepohonan tersebut akan mengikat air yang jatuh sehingga bisa dijadikan cadangan air


Manfaat Buah Mahoni Bagi Tubuh Manusia

Buah mahoni memiliki kandungan zat bernama flavonolds dan saponins. Flavonolds sendiri dikenal berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan memakan buah mahoni sebagai salah satu alternatif jitu.


Kandungan Flavonolds juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam serta bertindak sebagai antioksida untuk menetralisir radikal bebas. Kandungan lainnya yang terdapat pada buah mahoni adalah Saponins memiliki khasiat sebagai berikut :
  • pencegah penyakit sampar
  • bisa juga untuk mengurangi kadar lemak badan
  • meningkatkan sistem kekebalan
  • Mencegah Pembekuan darah
  • Menguatkan fungsi hati serta dapat memperlambat proses pembekuan darah


Pohon mahoni dapat bertahan hidup pada tanah gersang sekalipun sehingga pohon ini banyak ditanam pada tepi jalan. Demikian  manfaat buah dan pohon mahoni.

manfaat buah mahoni untuk kesehatan pahit


Klasifikasi Ilmiah Kayu Mahoni

    • Kerajaan   : Plantae
    • Divisi        : Magnoliophyta
    • Kelas         : Magnoliopsida
    • Ordo          : Sapindales
    • Famili        : Meliaceae
    • Genus        : Swietenia
    • Spesies      : Sietenia machrophylla king


detail ilmiah pohon mahoni klasifikasi dan marfologi


Berikut 4 Macam Teknik Pembibitan Mahoni

Teknik Pembibitan Pohon Mahoni akan kami kelompokan menjadi 4 proses supaya lebih mudah difahami oleh para pembaca. Sebelumnya anda harus mengetahui syarta tumbuh pohon mahoni yaitu mahoni dapat tumbuh dengan subur di pasir payau dekat dengan pantai dan menyukai tempat yang cukup sinar matahari langsung, karena sifat tanaman ini mampu bertahan hidup pada tanah gersang sekalipun.

Baca : Habitat Tumbuhan Mahoni
Pohon mahoni mampu bertahan hidup meskipun tidak disirami air selama berbulan bulan. Lokasi yang bagus utnuk budidaya mahoni ialah ketinggian lahan maksimum 1.500 meter dpl dengan curah hujan 1.524-5 mm/tahun, suhu udara 11-36C

teknik pembibitan pohon mahoni


Pembungaan dan Pembuahan

Bunga berkelamin satu dan pohon berumah satu. Penyerbukan dilakukan oleh serangga. Hibridisasi sering terjadi terutama dengan S. mahagoni apabila species tersebut tumbuh bersama. Biasanya hanya satu bunga yang menjadi buah sementara lainnya gugur.


Pembentukan bunga sampai buah masak diperlukan waktu 9-12 bulan. Masa berbunga dan berbuah terjadi setiap tahun mulai umur 10-15 tahun tetapi pembentukan buah akan menurun apabila polinator berkurang.


Waktu yang lama dalam pembentukan buah memungkinkan untuk menaksir hasil setiap bulan sebelum pemungutan hasil. Biasanya pembungaan terjadi ketika pohon menggugurkan daun atau pada saat daun baru mulai muncul sesaat sebelum musim hujan. Musim bunga musim buah ditingkatkan dengan merendam dalam air selama 12 jam

gambar biji benih bunga mahoni


Penaburan dan Perkecambahan

Untuk pengujian, benih dikecambahkan pada media pasir dengan kisaran suhu 35-30 C selama 12/12 atau 8/16 jam terang/gelap. Di persemaian benih ditabur di bak pasir terbuka sedalam 3-7 cm atau langsung ditabur di kantong. Benih berkecambah pada media gelap dibawah naungan.


Benih akan berkecambah dalam 10-21 hari. Bibit dijaga tetap dalam naungan sampai di tanam di lapangan setelah tingginya mencapai  50-100 cm.


Buah lebih baik dipetik langsung dari pohon sebelum merekah atau benihnya dikumpulkan dari bawah tegakan sesaat setelah jatuh. Produksi benih bervariasi tempat tumbuh dan umur. Faktor terpenting dalam produksi benih adalah efesiensi penyerbukan yang tidak menentu terutama di luar sebaran alami.


Pohon dewasa S. macrophylla dapat menghasilkan sekitar lebih 200 buah masak pertahun atau sekitar 4-8 kg benih. Tetapi umumnya prosduksi hanya 2,5 - 4 kg benih per pohon untuk pohon pohon yang tajuknya cukup terbuka.


Pemrosesan, Pengangan Buah dan Benih

Buah kering yang masak dan benih yang dikumpulkan dari lantai hutan dapat disimpan beberapa hari dalam karung tanpa menyebabkan kerusakan.

Tetapi untuk mengurangi berat lebih baik apabila diproses di lapangan. Buah akan merekah setelah dijemur 1-4 hari, tergantung kemasakan, setelah itu biji dapat dipisahkan dengan menggoyang atau menggaruk buah. Bagian buah lainnya dapat dipisahkan dengan tangan. Selanjutnya dilakukan pemotongan sayap bila diperlukan.


Penyimpanan dan Viabilitas

Benih termasuk Ortodox dan apabila disimpan dengan kadar air 3-7% pada temperatur rendah (1-5C) viabilitasnya akan tetap tinggi dan dapat bertahan beberapa tahun.

Bila benih disimpan dalam kantong kertas pada temperatur suhu kamar, viabilitasnya dapat dipertahankan selama 7-8 bulan. Kadar air benih masak adalah 9-12%. Presentase kecambah benih segar 60-90%. Terimakasih telah membaca artikel bibithijau.blogspot.com tentang Pohon Mahoni - Manfaat dan Cara Pembibitan

Sumber : Buku Cetak 'usaha pembibitan 15 jenis kayu unggulan'

2 komentar:

  1. Mari ikut berpartisipasi menjaga #hutan sumber udara yg kaya O2. Menjaga hutan dari pembalakan liar. Bergabung menjadi Green Warrior, mengkampanyekan penanaman pohon, penjualan bibit pohon dan dapatkan keuntungan investasi dan bisnisnya, disini www.indonesia.jabon.biz.id

    BalasHapus
  2. Kami Master biibt.com Jual Bibit Aneka melayani kerjasama dengan intansi terkait baik itu instansi pemerintah/swasta untuk program penghijauan atau reboisasi, reklamasi paska tambang maupun untuk program umum lainnya salam kenal :)

    BalasHapus