Morfologi Dan Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan Pepaya

Morfologi Dan Klasifikasi Imliah Tumbuhan Pepaya - Pepaya merupakan buah yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Pepaya umumnya berwarna orange dan memiliki rasa yang manis, pernah kami kaji dalam artikel manfaat rahasia dibalik warna buah buahan. Saat masih mentah, pepaya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan ataupun jamu.

Penamaan pepaya sebenarnya berasal dari bahasa Belanda “papaja”. Beberapa daerah di Indonesia memiliki nama lain untuk meyebut buah pepaya, antara lain kates, betis dan telo gantung. Pembahasan artikel kali ini lebih menjurus pada nama ilmiah serta nama latin buah pepaya bukan pada kegunaannya.

Terlepas dari penamaan pepaya yang dilekatkan oleh masyarakat lokal, morfologi dan klasifikasi imliah tumbuhan pepaya telah dirumuskan sebagai berikut.

Baca juga :


Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan Pepaya

Spesies Carica pepaya L.
Genus Carica
Famili Caricaceae
Ordo Violales
Sub Kelas Dilleniidae
Kelas  Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Divisi  Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Kingdom Plantae (Tumbuhan)


Morfologi dan anatomi pada tumbuhan pepaya

Morfologi merupakan cara umum mengenali tumbuhan dari kenampakan fisiknya. Berikut ini kami sajikan morfologi tanaman pepaya dari segi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya.
  1. Akar
  2. Ditinjau dari akarnya, tanaman pepaya termasuk dalam tumbuhan dengan akar tunggang. Artinya, akar akan tumbuh terus menerus dan menjadi bercabang serta memiliki akar kecil. Bentuk akarnya bukat dengan warna putih kekuning-kuningan.
  3. Buah
  4. Pepaya termasuk dalam tanaman yang memiliki buas sejati tunggal. Artinya, dalam satu bunga hanya ada satu bakal buah saja. Buah pepaya umumnya berbentuk lonjong dengan bagian bawah yang lebih besar dari pangkalnya. Permukaan buah pepaya halus tanpa duri atau bulu dan akan berwarna kuning ketika matang. Buah pepaya melekat pada tandan, jadi dalam satu tandan akan ada 2 atau lebih pepaya yang umumnya akan matang dalam waktu yang hampir bersamaan.
  5. Daun
  6. Pepaya memiliki daun tunggal dengan ukuran besar. Dilihat dari susunan tulangnya, daun pepaya  termasuk memiliki struktur tulang menjari. Daun pepaya memiliki daging daun yang tebal dan tersusun atas perkamen. Bagian luar daun sedikit licin dan cenderung mengkilat. Tangkai daun pepaya memiliki rongga di bagian tengahnya. Setiap tangkai daun memiliki satu lembar dan melekat pada ujung batang. Ketika pohon pepaya tumbuh semakin tinggi, daun di bagian bawah akan gugur, diganti dengan daun baru pada pucuk batang.
  7. Bunga
  8. Dari segi pembentukan bunga,  pepaya memiliki bunga poligamus karena ada jantan dan betina. Bunga polygamous biasa ditandai dengan bunga yang terkumpul dalam tangkai secara berkelompok. Bunga jantan ditandai dengan kelopaknya yang sangat kecil dan berada pada tangkai yang panjang. Sedangkan bunga betina berdiri  sendiri, berwarna putih kekuningan dan memiliki mahkota bunga yang lepas. Selain memliki bunga jantan dan betina, bunga pepaya juga memiliki bunga hermaprodit (bunga sempurna), yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik sekaligus.
  9. Batang
  10. Bagian penting lain dari morfologi tanaman pepaya adalah batang. Batang pepaya bukan termasuk batang berkayu. Bagian dalam pepaya menyerupai pipa berongga. Bentuknya akan nampak silindris dengan beberapa lekukan bekas tangkai daun pada bagian luarnya. Batang pepaya umumnya berwarna putih kecokelatan dan berwarna hijau nampak dalamnya. Arah tumbuh batang pepaya lurus keatas dengan sedikit atau tanpa cabang.
  11. Biji
  12. Buah pepaya tergolong dalam jenis spermatophyte atau tumbuhan berbiji, biji pepaya tersembunyi dalam daging buah. Dalam satu buah pepaya biji yang dihasilkan cukup banyak. Ciri umum biji pepaya adalah berduri tempel dan terbungkus selaput berisi cairan.

     
    gambar klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya 2016
    Demikian penjelasan mengenai mofologi dan klasifikasi ilmiah tumbuhan pepaya. Untuk memahami lebh jelas mengenai klasifikasi, morfologi dan klasifikasi Ilmiah tumbuhan pepaya, silahkan kunjungi https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya.

2 komentar:

  1. Nice post, things explained in details. Thank You.

    BalasHapus
  2. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    BalasHapus