Klasifikasi & Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica

Klasifikasi &Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica - Tanaman kunyit putih Curcuma Domesstica kini semakin banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya kunyit yang berwarna kuning, kunyit jenis ini bayak dicari karena banyak zat yang terkandung didalamnya.Klasifikasi tanaman kunyit putih berasal dari bangsa zingiberales, sukunya adalah   zingiberaceae, termasuk dalam marga kaemferia dan tergolong jenis  kaemferia rotundus

Morfologi tanaman ini adalah dapat tumbuh mencapai ukuran 50 hingga 75 cm. Batangnya terdiri dari pelepah yang bersusun. Memiliki daun berwarna hijau yang berbnetuk lonjong memanjang.  Ukuran daun memanjang sekitar 30 sampai 60 cm, sedangkan lebarnya 7,5 hingga 12,5 cm. Daun bagian bawah agak licin namun tak berbulu.

Baca juga : Khasiat Minum Jamu Kunyit Asam Setiap Hari

Bunga tanaman adalah bunga majemuk, warna mahkotanya kuning muda atau hijau muda. Kunyit putih mempunyai rimpang dengan bentuk bulat, mudah patah, serta renyah. Terdapat akar serabut halus, pada bagian tengah rimpang berwarna putih kekuningan sedangkan bagan luar berwarna kekuningan. Jika dibelah, aroma rimpang menyerupai manga.

gambar tanaman kunyit putih 2016

Mengenal Beberapa Jenis Tanaman Kunyit

Mengenal beberapa jenis tanaman kunyit dapat membantu kita membedakan antara kunyit satu dengan yang lain karena memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis tanaman kunyit.
  1. Kunyit Kuning
  2. Kunyit ini sering digunakan untuk bahan dasar obat herbal dan sering juga ditambahkan dalam masakan. Ciri utama kunyit ini pada bagian dalamnya berwarna kuning pekat.
  3. Kunyit Putih
  4. Kunyit jenis ini memiliki berwarna putih pada bagian dalamnya. Jika dibelah maka aroma rimpangnya akan menyerupai buah manga.
  5. Kunyit Merah
  6. Jika dilihat sekilas, kunyit merah menyerupai kunyit kuning namun kunyit merah bagian dalamnya berwarna lebih kemerahan. Seperti jenis kunyit lain, kunyit merah juga berfungsi bagi kesehatan tubuh.
  7. Kunyit Hitam
Kunyit hitam jarang sekali ditemukan karena termasuk langka. Ciri utama kunyit ini  adalah bagian dalamnya berwarna biru agak kehitaman. Jenis kunyit ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Baca juga : Morfologi Dan Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan Pepaya 

Kegunaan Tanaman Kunyit Untuk Kesehatan

Kegunaan tanaman kunyit untuk kesehatan sudah dikenal sejak jaman dahulu, hingga kini tetap dilestarikan sebagai obat tardisional yang aman bagi tubuh. Berikut kegunaan tanaman kunyit bagi tubuh.

Artikel kesehatan lainnya : Kumpulan Nama Jenis Tanaman Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan 
  1. Mencegah Kanker dan Tumor
  2. Kunyit mengandung zat antioksidan yang mampu berperan menanggulangi tumbuhnya sel tumor dan kaner di dalam tubuh.
  3. Mengurangi Resiko Alzheimer
  4. Zat yang terkandung di dalam kunyit mampu melindungi otak sehingga terhindar dari penyakit radang otak yang menyebabkan Alzheimer.
  5. Mengobati Tifus dan Radang Lambung
  6. Zat antibakteri yang terkandung didalam kunyit dapat dijadikan sebagi obat tifus dan       radang lambung.
  7. Mengatasi berbagai jenis radang
  8. Zat yang terkandung didalam kunyit merupakan zat anti bakteri yang sangat berguna       untuk proses menyembuhan radang akibat infeksi. Penyakit yang bisa disembuhkan misalnya radang tenggorokan, radang sendi.
  9. Detoksifikasi
  10. Kunyit dapat membantu memudahkan proses pengeluaran racun-racun dalam tubuh atau sering disebut detoksifikasi.
Pasti anda belum pernah baca yang satu ini : Apa Itu Kopi Luwak? Mengenal Lebih Dekat Kopi Termahal Di Dunia


Demikianlah penjelasan mengenai tanaman kunyit putih Curcuma Domesstica, jenis-jenis tanaman kunyit dan kegunaan tanaman kunyit bagi tubuh. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan obat herbal atau obat tradisional. Untuk mengkonsumsinya cukup mudah, bahkan anda bisa membeli obat herbal yang sudah diracik dan siap minum.

Jangan lewatkan pula update : Rahasia Dibalik Warna Buah Buahan - Khasiat dan Manfaat  

Diatas adalah klasifikasi &morfologi tanaman kunyit putih curcuma domestica. Manfaat yang besar dari tanaman kunyit sangat disadari sejak jaman dahulu hingga saat ini. Tanaman ini juga sangat mudah didapatkan, oleh karena itu kini anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi obat alami yang berasal dari kunyit.

0 komentar

Posting Komentar