Khasiat Minum Jamu Kunyit Asam Sirih Setiap Hari

Khasiat Minum Jamu Kunyit Asam - Telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Kunyit asam tidak hanya berfungsi sebagai jamu, namun bisa menjadi minuman yang segar. Pengolahan kunyit yang dikombinasikan dengan gula, asam, dan air membuat jenis jamu ini sangat banyak diminati, bahkan usia anak-anak juga menyukainya.

Mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih secara rutin dapat memberikan manfaat yang bagus bagi tubuh. Meminumnya setiap hari dengan takaran yang tidak berlebih sekitar 1 gelas perhari, dapat memberikan khasiat yang banyak bagi tubuh. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh wanita, minuman kunyit asam juga baik bagi kesehatan tubuh pria. Berikut ini berbagai khasiat yang diperoleh dengan meminum kunyit asam secara rutin.

Baca : Klasifikasi & Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica


gambar jamu kunyit asam berkhasiat

  1. Sebagai detoksifikasi tubuh
  2. Manfaat kunyit asam sirih yang paling unggul adalah kemampuannya untuk memudahkan proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun-racun tersebut merupakan tumpukan bahan kimia yang berasal dari makanan yang tidak sehat dan berbagai obat yang mengandung zat kimia yang telah kita konsumsi. Zat yang terkandung dalam kunyit sangat membantu detoksifikasi dalam tubuh.
  3. Mengontrol berat badan
  4. Berat badan ideal merupakan dambaan bagi setiap orang. Dengan mengkonsumsi kunyit asam, dapat membantu mengendalikan nafsu makan agar tidak berlebihan. Nafsu makan yang tinggi akan membuat seseorang makan dengan porsi yang besar dan ditambah pula cemilan. Apabila tidak dikontrol maka bisa mengakibatkan obesitas yang berisko terhadap timbulnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, konsumilah kunyit asam sirih ini secara rutin agar nafsu makan bisa terkontrol.
  5. Membantu menyembuhkan radang tenggorokan
  6. Kunyit mengandung zat anti bakteri, sehingga mampu memusnahkan bakteri terutama bakteri penyebab infeksi radang tenggorokan. Meminum kunyit asam sirih secara rutin akan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan karena tenggorkan akan dibersihkan dari bakteri penyebab radang.
  7. Menyembuhkan infeksi pada kulit
  8. Kulit yang infeksi  akibat cidera, terkena sengatan sinar matahari, dan luka bakar dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kunyit asam secara rutin. Kunyit mengandung zat anti bakteri sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan infeksi kulit.
  9. Mampu mencerahkan kulit
  10. Rajin mengkonsumsi kunyit asam akan membuat kulit semakin cerah. Hal ini disebabkan oleh manfaat kunyit yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta mampu memperlancar peredaran daran. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran lama kelamaan akan bersih, kulit akan terlihat sehat, cerah dan bercahaya.
  11. Melancarkan haid
  12. Kunyit bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, pada saat haid mengkonsumsi kunyit asam dapat memudahkan peluruhan dinding rahim sehingga haid menjadi lancar dan tidak terasa nyeri.
  13. Memperlambat Proses Penuaan
  14. Kunyit mengandung zat antioksidan yang bermanfaat dalam proses meremajakan kulit. Zat antioksidan inilah yang berperan agar sel-sel kulit mati diganti dengan sel-sel baru sehingga segar kembali.
  15. Menghilangkan bau badan
  16. Mengkonsumsi kunyit asam secara teratur bagi pria maupun wanita, dapat membantu menghilangkan bau badan. Mengkonsumsi secara ruitn setiap hari maka bau badan akan berangsur-angsur hilang.


Manfaat Jamu Kunyit untuk Ibu Hamil


Manfaat jamu kunyit untuk ibu hamil, justru dianggap berbahaya. Mengkonsumsi jamu bagi ibu hamil memerlukan kehati-hatian dan kejelian agar tidak berbahaya bagi sang ibu dan calon bayi. Banyak informasi yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi jamu kunyit berbahaya bagi ibu hamil. Informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil boleh mengkonsumsi jamu kunyit, asalkan dalam takaran yang tidak berlebihan serta tidak sering atau tidak boleh setiap hari.

 Terbaru dan hangat : Tidak Hanya Bermanfaat untuk Kesehatan, Kopi Luwak Juga Berkhasiat Untuk Kecantikan

Ibu hamil yang mengkonsumsi jamu kunyit maka kelak dapat melancarkan proses persalinan. Selain itu, jamu kunyit juga bisa membantu membersihkan calon bayi didalam rahim dari lemak-lemak yang menempel sehingga bayi akan terlihat bersih ketika lahir nantinya. Ibu hamil boleh meminum jamu ini namun tidak boleh sering, terutama bagi yang usia kandungannya masih sangat muda dan rentan.

Demikianlah penjelasan mengenai khasiat minum jamu kunyit asam setiap hari. Agar memperoleh berbagai khasiat tersebut, anda bisa mulai mengkonsumsinya mulai sekarang. Selamat mencoba !

0 komentar

Poskan Komentar