Petani Cabe Siluman

Bibit Cabai Setan - Kelompok Tani Duta, Kabupeten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil mengembangkan bibit cabai kualitas unggul yang diberi nama "Cabai Setan" Keunggulan cabai setan yakni rasanya yang super pedas, buahnya lebat dan besar dibandingkan cabe rawit pada umumnya, tidak membutuhkan tempat yang luas, dapat ditanam di pot meski hasilnya akan lebih baik di sawah. Selain itu, cabai setan dapat berbuah pada usia 50 hari," kata Ketua Kelompok Tani Duta, Momo, dalam acara Manunggul Fair 2011, di Wates, Minggu (2/10/2011).


Keunggulan Cabai Setan

Ia mengatakan, pada pembukaan Manunggul Fair 2011, pihaknya mampu menjual tujuh kotak benih yang harga per kotaknya Rp 100.000.


"Sampai hari ini, kami sudah mampu menjual sebanyak 13 kotak benih cabai setan. Petani cabai yang membeli kebanyakan dari wilayah selatan seperti Galur, Panjatan dan Wates," katanya. 


Menurut dia, bibit cabai setan juga tahan dari serangan hama. Selain itu, tidak memerlukan perawatan ekstra.


"Yang penting disiram secara rutin dan diberi pupuk yang rutin," katanya. 


foto petani penjual cabe merah cantik



Selain cabai, ia mengatakan, komoditas bibit durian Montong dan Si Kontong sangat dicari oleh masyarakat yang tinggal di Kecamatan Samigaluh, Kalibawang dan Kokap. Jenis bibit durian ini membutuhkan lahan lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut atau daerah dingin. "Sampai siang ini, kami mampu menjual bibit durian Montong dan Si Kontong mencapai 75 batang, dengan harga per batangnya mencapai Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per batang," katanya.


Menurut dia, Kelompok Duta juga mampu mengembangkan bibit klengkeng, jambu suko dan mangga arum manis yang super. "Untuk jenis ini, cocok ditanam di wilayah Sentolo, Galur, Panjatan, dan Temon yang tidak membutuhkan suhu dingin dan cocok ditanam di wilayah yang panasnya tinggi," katanya.Petani Cabe Siluman

0 komentar

Poskan Komentar