Skip to main content

Tips Memilih Buah Durian Montong yang Bagus

Table Of Content [Close]
    Durian Montong - Jika pada artikel terdahulu telah bibit hijau jelaskan tentang buah durian yang paling banyak diminati masyarakat, maka hari ini bibit hijau akan jelaskan tips memilih buah durian montong yang matang dan enak berdasarkan pengalaman pribadi setiap berburu di supermarket ketika ada diskonan..hehehe.



    Mungkin tips ini juga berlaku ketika memilih jenis lain sperti Durian petruk, purworejo, lampung, dll. Di bulan juni kemaren sampe bulan juli ini banyak supermarket besar seperti Giant, Carrefour, Hypermart, Super Indo, Yomart (khusus Bandung sekitarnya) yang menjual buah Durian Montong dengan harga murah yaitu sekitar Rp. 12.000 - Rp. 19.000 / kg. Saya katakan murah karena biasanya kalo harga normal di atas Rp. 25.000 / kg. Tapi konsekuensi dari harga murah adalah duriannya banyak yang belum matang, sehingga sebagai pembeli kita harus pintar memilih.





    gambar buah durian montong di pohon matang


    Cara Memilih Durian Montong yang Bagus

    Nah inilah tips memilihnya:
    1. Jika ingin mencari yang banyak buahnya maka pilih yang bentuknya bulat atau lonjong teratur. Jangan pilih yang bentuknya tidak beraturan karena biasanya buahnya sedikit.
    2. Pilih yang durinya jarang dan tidak keras.
    3. Pilih yang kulitnya agak empuk jika ditekan, jangan yang keras karena masih muda, jangan pula yang lembek karena biasanya busuk.
    4. Perhatikan apakah di kulitnya banyak lubang kecil berdiameter 1-2 mm, jika ada bahkan lebih besar dari itu maka kemungkinan duren itu sudah kemasukan ulat.
    5. Biasanya ada yg sudah kebuka sedikit dibawahnya, maka:
      • coba dicium harum apa enggak. Durian matang dan enak biasanya harum. (tips ini agak susah karena durian montong baunya tidak keras). 
      • coba buka dikit lagi perhatikan permukaan daging buahnya, yang bagus warnanya kuning dan tidak berair. 
      • jika warnanya kuning agak bening pertanda rasanya hambar/anyep, jika permukaanya berair pertanda rasanya keras di tenggorokan.
    6. Jangan pilih yang sudah terbuka lebar karena biasanya rasanya asam.
    7. Jika bingung minta bantuan penjaganya untuk memilihkan, biasanya si penjaga akan mengetok-ngetok kulit durian pakai pisau, jika nyaring berarti belum matang, jika ngebass berarti matang. Dan untuk pembuktiannya si penjaga akan membuka sedikit terus mengambil sedikit dengan ujung pisaunya untuk dicoba anda rasakan.
    8. Terakhir dan yang paling penting, minta dibuka di tempat dan dibungkus. Jika beli di supermarket biasanya petugasnya mau membukakan dan bahkan jika pilhan anda ternyata belum matang maka anda boleh menggantinya. Nah demikian Tips memilih Durian Montong yang Matang dan Enak jika anda beli di Supermarket. Jika anda beli dipinggir jalan hati-hati dengan trik pisaunya dilumuri gula atau air durian matang sehingga ketika mencoba akan terasa harum dan enak. Selamat berburu mumpung sekarang harganya masih murah. Renungan: kapan ya durian lokal unggulan seperti durian petruk dan yang lainnya dijual di supermarket besar seperti durian montong? 


    Bagaimana dengan tips memilih buah durian montong ini, apakah ada yang terlewatkan atau ada yang ingin pembaca tambahkan? silahkan jika ada rahasia yang terlewatkan untuk dicantumkan pada kolom komentar dibawah ini.