Tips Mengenal Ragam Jenis Tanaman Hias Dalam Pot & Cara Merawatnya

Mengenal ragam jenis tanaman hias dalam pot - Di dunia ini tersaji banyak keindahan alam yang begitu mempesona, seperti tanaman hias dalam pot. Wujudnya pun dapat nampak dengan kasat mata, serta dirasakan sensasi segarnya.

Tanaman hias memiliki kemampuan menyegarkan udara di sekitar rumah anda, sebelum memilih tanaman hias untuk diaplikasikan pada sekitar rumah, ada baiknya jika anda mengenal ragam jenis tanaman hias dalam pot

macam macam tanaman hias dan gambarnya 2016

Dengan demikian hawa di rumah akan jauh lebih menyenangkan. Apabila anda berniat untuk merombak desain rumah juga bisa menggunakan beberapa variasi dari tanaman hias dalam pot. Ini akan menjadikan ruangan rumah anda menjadi lebih sejuk dan rindang. Tentunya anda dan keluarga akan betah berada di rumah.

Variasi Tanaman Hias Yang Cantik

Di Indonesia memang banyak sekali ragam tanaman yang tumbuh, mulai pepohonan hingga bunga yang berwarna-warna. Apabila anda tertarik dengan tanaman hias, maka cobalah menanam dan merawatnya untuk menghiasi pekarangan maupun area rumah anda, siapa tahu kelak suatu saat nanti hobi ini bisa dijadikan sebagai bisnis bungan tanaman hias yang menguntungkan. Anda dapat mengusung konsep tanaman hias berbau Indonesia. Apa saja variasi bunga tersebut? Berikut ulasannya!
  1. Bunga melati putih
  2. Bunga melati memiliki cara perawatan dan perkembangbiakan yang tidak sulit. Selain itu, bunga yang merupakan puspa bangsa ini memiliki aroma yang sangat harum. Jadi dapat anda tanam pada sebuah pot lalu meletakannya di ruangan rumah anda.
  3. Bunga sepatu
  4. Jenis bunga yang satu ini memang banyak tersebar di Indonesia. Yang tak kalah penting, ternyata bunga sepatu ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Yakni dapat dipergunakan sebagai obat dari hipertensi dengan cara diseduh sebagai teh.
  5. Bunga alamanda
  6. Bunga yang biasa disebut sebagai bunga terompet emas berikut mempunyai warna kuning yang cerah dipandang mata. Tanaman yang tumbuh secara bergerombol berikut dapat anda tanam pada sebuah pot, yang lalu anda jajarkan pada area rumah anda. Sehingga akan memperindah tampilan rumah.
  7. Kaktus
  8. Kaktus memiliki cadangan air yang cukup banyak pada batangnya. Sehingga bagi anda yang kurang telaten merawat sebuah tanaman dapat memilih kaktus untuk penghias rumah. Kaktus mini memliki bentuk yang unik dan bervariasi, cocok untuk pajangan di rumah anda.

Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Pot

Untuk merawat sebuah tanaman, anda tidak boleh main-main. Tentunya anda tak ingin bukan membiarkan tanaman kesayangan mati begitu saja? Maka lakukanlah hal berikut ini:

  1. Memilih pot
  2. Sebelum anda menanam tanaman hias, terlebih dulu pilih pot dan media tanam yang tepat. Pilihlah pot yang sesuai dengan tanaman hias yang hendak ditanam. Selain itu pilih pot dengan lubang drainase yang cukup. Ketika pot telah siap, isi 1 per 3 pot menggunakan media tanam, kemudian masukkan tanaman hias tersebut pada pot.
  3. Penempatan pot
  4. Tempatkan pot pada area yang pas. Upayakan agar tanaman mendapakan suplai matahari yang cukup.
  5. Penyiraman dan pemupukan
  6. Anda dapat melakukan penyiraman di wkatu tertentu, yakni di waktu sore atau pagi hari. Tepatnya pukul 7 hingga 10 siang. Bagi tanaman hias berupa bunga, berilah pupuk NPK  sebulan sekali. Pupuk kandang juga dapat digunakan.

Setelah melakukan hal-hal tersebut, jangan lupa untuk membersihkan daun-daun dari tanaman hias anda. Mengenal ragam jenis tanaman hias dalam pot memang begitu menyenangkan, karena dapat memperkaya pengetahuan akan tanaman hias, begitu pula dengan cara perawatannya. Lakukan upaya tersebut dengan baik, agar tanaman hidup.

1 komentar:

  1. caranya bisa diterapkan ke bibit bunga dalam pot juga gak yah ? ato ni khusus yang uda berberntuk tanaman aja

    BalasHapus