Pringsewu: Produsen Penyedia Bibit Kayu Dan Hortikultura

Produsen bibit kayu hortikultura :: Betapa menariknya bisnis pembibitan kayu ini. Sehingga tak hanya person yang tergerak untuk terjun di dalamnya. Bukan hanya perusahaan yang bergelut dalam sektor ini. Bahkan ada kabupaten yang ingin mengonsentrasikan diri untuk menjadi produsen penyediaan bibit kayu dan hotrikultura. Kabutpaten itu adalah Pringsewu, Lampung. Informasi ini dikutip dari situs lampungpost.com

Sektor perkebunan di Pringsewu masih digenjot meskipun tidak lagi memungkinkan untuk pertambahan luas lahan pertanian. Salah satunya dengan menjadikan pusat pembibitan beragam jenis tanman dan kayu-kayuan. Plt. Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Pringsewu Tabrani bertekad agar petani di Pringsewu bisa terus mengembangkan usaha pembibitan sehingga menjadi daerah tujuan untuk pembibitan.

salah satu lokasi perkebunan bibit hortikultura di pringsewu
Rencana menciptakan Pringsewu menjadi kabupaten pusat pembibitan dapat terwujud karena sudah ada beberapa warga yang mengusahakan pembibitan, seperti Sarnyoto yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Menurut Tabrani, pemasaran bibit pohon kayu dan holtikultura tidak akan sulit karena telah memiliki sertifikat dan kualitas teruji.

Selama ini untuk mendapatkan bibit kayu-kayuan masih sulit karena antara kebutuhan dan penyediaan bibit belum berimbang. Terlebih lagi dengan banyaknya kerusakan hutan sehingga kebutuhan bibit kayu-kayuan terus meningkat. Dengan menciptakan Pringsewu menjadi kabupaten produsen penyediaan bibit pohon kayu dan hortikultura, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar dan sektor perkebunan bisa memberikan sumbangan kepada daerah. Sebab, apabila dipaksankan untuk memperluas lahan perkebunan dipastikan sudah tidak ada lagi lahan kosong, ujar Tabrani.

0 komentar

Poskan Komentar