Skip to main content

Klasifikasi Pohon Akasia Acacia Magnoliophyta

Table Of Content [Close]
    Akasia adalah genus dari semak-semak dan pohon yang termasuk dalam subfamili Mimosoideae dari famili Fabaceae, pertama kali diidentifikasi di Afrika oleh ahli botani Swedia Carl Linnaeus tahun 1773. Banyak spesies Akasia non-Australia yang cenderung berduri, sedangkan mayoritas  pohon akasia Australi tidak. Akasiah adalah tumbuhan polong, dengan getah dan daunnya biasanya mempunyai bantalan tannin dalam jumlah besar.


    Gambaran Umum
    Klasifikasi
    Nama Ilmiah
    Kerajaan
    Plantae
    Divisi
    Magnoliophyta
    Kelas
    Magnoliopsida
    Ordo
    Fabales
    Famili
    Fabaceae
    Upafamili
    Mimosoideae
    Bangsa
    Acacieae
    Genus
    Acacia
    Spesies
    Sekitar 1.300

    acacia mangium willd fabaceae

    Asal Penamaan Tanaman Akasia

    Nama umum ini berasal dari akakia, nama yang diberikan oleh dokterr ahli botani Yunani awal Pedanius Dioscorides sekitar 40-90 Masehi untuk pohon obat A. nilotica dalam bukunya Materia Medica. Nama ini berasal dari kata bahasa Yunani karena karakteristik tanaman akasia yang berduri berasal dari "akis" (beduri), adapun nama spesies nilotica diberikan oleh Linnaeus dari jajaran pohon Akasia yang paling terkenal di sepanjang sungai Nil. Akasia juga dikenal dengan julukan pohon duri, dalam bahasa Inggirs disebut whistling thorns (duri bersiul)  atau wattles, yellow-fever acacia (akasia demam kuning) dan umberlla acacias (akasia payung)
     
    Sampai dengan tahun 2005, ada diperkirakan sekitar 1.300 spesies akasia di seluruh dunia, sekitar 960 dari mereka adalah flora asli Australia, dengan sisanya tersebar di daerah tropis ke daerah hangat dan beriklim sedang dari kedua belahan bumi, termasuk beberapa benua berikut :
    • Eropa
    • Afrika
    • Asia selatan
    • Amerika