Deskripsi Singkat Durian, Buah dan Bunga

Pohon hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun - daun baru (periode flushing atau peronaan) yang terjadi setelah masa berbuah selesai, tanaman durian tinggi dapat mencapai ketinggian 25-50 m tergantung spesiesnya, pohon durian sering memiliki banir (akar papan). Pepagan (kulit kering) berwarna cokelat kemerahan, mengelupas tak beraturan, tajuknya rindang dan renggang. Untuk informasi tentang botani dan morfologi durian selengkapnya bisa anda baca di situs wikipedia.


Baca artikel terkait lainnya:
  1. Pemeliharaan Durian Bibit Sambungan 
  2. 4 Manfaat Dari Tanaman Durian 
  3. Aneka Manfaat Buah, Biji & Kulit Durian Yang Terlupakan 
  4. Tips Memilih Buah Durian Montong Yang Bagus 
  5. Buah Durian Yang Paling Banyak Diminati Masyarakat

Daun Durian

Daun durian berbentuk jorong hingga lanset 10-15(-17) cm x 3-4, 5 (-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul dan berujung lancip melandai sisi atas berwarna hijau terang, sisi bawah tertutup sisik sisik berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu nintang


Bunga Durian

Bunga juga buah durian muncul langsung dari batang (cauliflorous) atau cabang cabang yang tua di bagian pangkal (proximal), berkelompok dalam karangan berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kuncup bunganya membulat sekitar 2 cm diameternya, bertangkai panjang. Kelopak bunga berbentuk tabung sepanjang 1k, 3 cm, daun kelopak tambahan terpecah menjadi 2-3 cuping berbentuk budar telur.

inilah gambar bunga durian yang bermanfaat untuk kesehatan
bunga durian warnanya agak kecokelatan


Mahkota bentuk sudip, kira kira 2x panjang kelopak, berjumlah 5 helai, keputih putihan. Benang sarinya banyak, terbagi ke dalam 5 berkas, kepala putiknya membentuk bongkol, dengan tangkai yang berbulu. Bunga muncul dari pucuk dorman, mekar pada sore hari dan bertahan hingga beberapa hari.. Pada siang hari bunga mentuup. Bunga ini menyebarkan aroma wangi yang berasal dari kelenjar nektar di bagian pangkalnya untuk menarik perhatian kelelawar sebagai penyerbuk utamanya. Silahkan baca juga artikel lainnya tentang pohon durian


Buah Durian

Buahnya bertipe kapsul berbentuk bulat, bulat telur hingga lonjong, dengan panjang hingga 25 cm dan diameter hingga 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam (berduri) karena itu disebut durian meski hal ini bukan duri dalam pengertian botani. Berwarna hijau kekuning-kuningan, kecokelatan hingga keabu abuan.

Buah berkembang setelah pembuahan dan memerlukan 4-6 bulan untuk pemasakan. Pada masa pemasakan terjadi persaingan antarbuah pada satu kelompok, sehingga hnaya satu aau beberapa buah yang akan mencapai kemasakan, dan sisanya gugur. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumny berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kilogram sehingga kebun durian menjadi kawasan yang berbahaya pada musim durian
Waspada, Hati hati ! apabila buah durian jatuh diatas kepala seseorang, dapat menyebabkan cedera berat, bahkan bisa menimbulkan kematian (maut) Ingat ... Ingat Ingaat!!!
Setiap buah memiliki lima ruang (bahasa awamnya 'kamar) yang menunjukan banyaknya daun buah yang dimiliki. Masing masing ruangan terisi oleh beberapa biji, biasanya tiga butir atau lebih, lonjong hingga 4 cm panjangnya, berwarna merah muda kecokelatan mengkilap.

Biji terbungkus oleh arilus (salut berwarna putih hingga kuning terang dengan ketebalan arilus ini dapat mencapai 3 cm. Biji dengan salut biji diarahkan untuk menghasilkan biji yang kecil dengan dimakan. Beberapa varietas unggul menghasilkan buah dengan biji yang tidak berkembang namun dengan salut bij tebal disebut sukun.

0 komentar

Posting Komentar