Gambaran Umum Jati Putih

Jati putih - Sebagai salah satu pohon kayu terbaik dan paling mahal harganya dibandingkan kayu lainnya. Sebenarnya pembahasan tentang karakteristik pohon dan problemanya secara umum pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, bagi yang terlewatkan bisa membaca terlebih dahulu




gambaran umum jati putih
daun jati putih


Gambaran Umum

Salah satu penghasil pohon kayu paling produktif berasal dari Asia Tenggara adalah jati putih, di negara lain dikenal dengan nama Gamari (India) atau Gumandi (Bangladesh) dan Yemane (Myanmar) Banyak ditanam sebagai tanaman pelindung, sebagian besar dimanfaatkan sebagai tanaman komersil.

Sekarang (Januari 2014) tanaman ini banyak ditanam di daerah kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan Indonesia. Para petani tertarik dengan nilai kayu jenis ini, semua bagian pohon dapat dimanfaatkan untuk dijual mulai dari batang gelondongan, cabang bahkan ranting. Nilai ekonomis kayu ini yang tinggi membuat tanaman ini ditanam dari tepi jalan, di kebun, di halaman dan sebagainya.


pertumbuhan pohon jati putih setelah dewasa
kondisi pohon jati putih saat sudah dewasa


Permudaan jati putih  dilakukan secara buatan dengan bibit yang berasal dari penyemaian biji. Jarak tanam 2,5 meter x 2,5 meter. Pada umur umur 3 - 4 tahun bisa berbunga dan berbuah, 2-3 bulan dapat berbuah sepanjang tahun. Jumlah biji per kilogram adalah 2,500. Tes kemampuan tumbuh adalah 65%-80%. Penyimpanan biji bisa tahan sampai dengan 3 tahun.

0 komentar

Posting Komentar